Senin, 09 Februari 2009

Teknologi baru panel surya, menekan harga listrik surya setara listrik batubara




Sunrgi, mengembangkan teknologi yang menerapkan lensa pembesar untuk memperkuat sinar matahari menjadi 2.000 kali lebih kuat, yang pada akhirnya menghasilkan listrik lebih banyak dibandingkan dengan panel surya standard dengan sistem yang berukuran lebih kecil.

Menurut rencana, produk tersebut akan dipasarkan untuk rumah tinggal dalam tiga tahun ke depan. Rencana tersebut menurut beberapa pihak dianggap terlalu ambisius meski cukup mempunyai prospek yang bagus.

Pimpinan perusahaan yang baru berdiri beberapa tahun lalu tersebut mengatakan SUnrgi akan mulai memproduksi panel-panel suryanya pada pertengahan tahun 2009. Menurutnya, listrik yang akan dihasilkan bisa mempunyai harga sekitar 7 sen per kwH, termasuk dengan instalasinya. Harga itu tidak berbeda jauh dengan listrik yang dihasilkan dari batubara. ''Kami berusaha menurunkan harga listrik yang dihasilkan dari energi matahari agar menjadi lebih kompetitif dengan listrik dari bahan bakar fosil,'' ujar Bob Block, salah satu pendiri Sunrgi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar